Pengertian Dasar WEBSITE

Sebelum seseorang membuat website, sangat di anjurkan untuk mempelajari terlebih dahulu sekilas mengenai apa itu WWW, HTML, Server Web, Database, PHP, dan CMS. Untuk itu di sini saya akan membahas Pengertian itu satu per satu.

WWW, Web atau Situs, dan Server Web

World Wide Web (WWW atau singkatnya web) adalah suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) atau juga lebih dikenal dengan istilah yang lebih populer yaitu Uniform Resource Locator (URL). WWW juga dikenal dengan istilah situs internet. Untuk melayani fasilitas web ini dibutuhkan sebuah server web (web server). Server web yang terkenal di antaranya yaitu Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache dapat berjalan pada banyak platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di Windows.


HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan sebuah bahasa markup (tanda) yang digunakan untuk membuat sebuah "halaman web" dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet yang merupakan standar internet yang saat ini dikendalikan oleh World Wide Web Consortium (W3C). Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML.
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenal oleh aplikasi pembuka email ataupun PDA dan program lain yang memililki kemampuan browser.

Database

Database (basis data) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematis sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil query database disebut sistem manajemen database (database management system/DBMS). Sistem database dipelajari dalam ilmu informasi.

Beberapa aplikasi database di antaranya:

Komersial

  • DB2
  • Microsoft SQL Server
  • Oracle
  • Sybase
  • Teradata
Gratis
  • Firebird
  • MySQL
  • PostreSQL
PHP

PHP (Personal Home Page) adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan untuk digunakan untuk keperluan lainnya.

Kelebihan PHP dan bahasa pemrograman lain:
  • Bahasa pemrograman PHP merupakan sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
  • Server web yang mendukung PHP dapat ditemukan di mana - mana, mulai dari IIS sampai dengan Apache, dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  • Dalam sisi pemahaman, PHP adalah bahasa Scipting yang paling mudah karena referensinya banyak.
PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux,unix,windows) dan dapat dijalankan runtime melalui console seta juga dapat menjalankan sistem.

Content Management System (CMS)

Sistem Manajemen Konten (Content Management System) yang dikenal dengan CMS adalah sebuah aplikasi berbasis web yang memiliki sistem sedemikian hingga memberikan kemudahan kepada para pengguna sekaligus juga pengelolanya.
Sesuai dengan nama CMS itu sendiri, website yang menerapkan sistem ini berorientasi terhadap konten. Sudah bukan merupakan kendala yang berarti bagi manajemen atau humas suatu perusahaan/institusi/organisasi untuk memperbarui website-nya. Dengan hak akses dan otoritas masing-masing, setiap bagian dari perusahaan/institusi /organisasi dapat memberikan kontribusinya ke dalam website tanpa prosedur yang sulit.
Dapat Anda bayangkan suatu perusahaan A yang memiliki website konvensional yang belum mengadopsi CMS jika ingin memperbarui datanya. Pihak humas/umum harus menghubungi webmaster website-nya untuk mengirimkan data yang akan diperbarui, baru kemudian data tersebut diolah dan dikonversi menjadi format html oleh webmaster. Prosedur yang panjang ini sangat jelas akhirnya akan membebani biaya perusahaan dalam operasionalnya sehari-hari dan juga dari segi waktu.
Bagaimana jika webmaster sedang tidak di tempat sedangkan data diharapkan update saat itu juga? Ilustrasi yang lebih panjang lagi dapat digambarkan jika webmaster website adalah vendor di luar perusahaan A yang hanya bisa dihubungi oleh Bagian IT perusahaan A tersebut. Apa yang terjadi dapat disimpulkan sendiri. Demikian juga dapat dibayangkan bagaimana jika proses ini berlangsung berulang-ulang dalam tiap bulannya, dalam seminggu, dalam sehari, bahkan dalam tiap jam?
Pada umumnya sebuah CMS memiliki dua bagian kategori yaitu bagian Frontend dan Backend.
Kecanggihan dan fitur masing-masing CMS bergantung pada CMS yang digunakan. Penggunaan sistem hierarki pengguna yang diterapkan CMS dalam hak aksesnya pun sangat bervariasi sesuai CMS masing-masing. Mulai dari level akses user anggota yang hanya dapat mengirimkan suatu artikel/berita (untuk CMS yang menyediakan fasilitas ini), hingga level administrator yang dapat melakukan semua fitur yang ada.
Berikut ini manfaat pengguna CMS:
  • Website perusahaan, bisnis, organisasi, atau komunitas
  • Portal
  • Galeri Foto
  • Aplikasi e-commerce
  • Mengelola website pribadi/blog, dan lain-lain
Keberadaan aplikasi gratisan di internet dan juga komunitas open source yang semakin menjamur ikut memberikan andil yang signifikan untuk menjadikan teknologi CMS menjadi murah dari segi harga akan tetapi dengan fitur-fitur yang semakin lengkap dan canggih.
Dari segi biaya implementasikan pemuatan CMS sangatlah murah apalagi jika dibandingkan dengan fitur-fitur dan kemudahan yang ditawarkan. Hal ini yang akhirnya ikut mempopulerkan CMS dan akhirnya akan menggantikan semua website konvensional yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar